MODEL SOSIOKOGNITIF BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF (dalam Pembelajaran Membaca Permulaan)
Rp. 85.000
Overview :
Rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah di Indonesia disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk kesulitan siswa dalam mengenal huruf, merangkai bunyi suku kata dan kata, membaca kalimat dengan lancar, dan memahami isi bacaan, serta hambatan pelafalan yang dipengaruhi oleh bahasa ibu. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan, penulis mengembangkan Model Sosiokognitif Berbantuan Multimedia Interaktif (SKBMI) untuk pembelajaran membaca permulaan. Model SKBMI merupakan pengembangan teori behavioristik yang menjelaskan bahwa proses belajar pada dasarnya berada dalam kondisi natural yaitu dengan mengamati pola perilaku dan konsekuensinya. Model SKBMI menghadirkan cara belajar yang mengoptimalkan kaitan antara perilaku, lingkungan, dan kognitif siswa. Tingkah laku siswa bukan sekadar reflek otomatis antara stimulus respon melainkan akibat reaksi interaksi antara lingkungan dengan kognitif siswa melalui prinsip atensi, retensi,