STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Rp. 87.000
Overview :

Buku ini terdiri dari beberapa bab. Bab pertama membahas tentang pengantar konsep dasar strategi pembelajaran, bab dua membahas tentang teori-teori belajar dan pembelajaran, bab tiga membahas tentang model pembelajaran, bab empat membahas tentang pendekatan pembelajaran, dan bab lima membahas tentang strategi pembelajaran. Adapun bab enam membahas tentang metode dan teknik pembelajaran, dan bab tujuh membahas tentang tugas proyek berbasis strategi pembelajaran. Menurut Budiana dkk, (2022): “Strategi mengajar merupakan tindakan guru dalam melaksanakan rencana mengajar; artinya usaha guru menggunakan beberapa variabel pengajaran seperti: tujuan, bahan, metode, alat, dan evaluasi agar dapat memengaruhi siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan”. Dalam konteks ini mengajar merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mereka yang memiliki profesi sebagai pengajar atau guru. Agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan efektif, yakni berhasil guna, mendatangkan hasil yang sangat bermanfaat bagi siswa, salah satunya guru harus memahami strategi pembelajaran Sehubungan dengan usaha peningkatan kualitas hasil pendidikan maka kualitas pembelajaran harus ditingkatkan. Untuk itu harus dicari strategi atau pendekatan pembelajaran yang efektif di kelas yang lebih memberdayakan potensi siswa. Dalam sistem ini pembelajaran menganut konsep kontekstual yakni proses pembelajaran menekankan pada aspek alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Gaya lama yang berorientasi pembelajaran dari guru dan apa yang harus dilakukan, bergeser ke siswa dan apa yang harus mereka lakukan, maka perlu adanya strategi yang tepat agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal (Sutikno, 2021) Dari berbagai bentuk interaksi ada interaksi yang disengaja yang dikenal dengan istilah interaksi edukatif. Interaksi edukatif adalah interaksi yang berlangsung dalam suatu ikatan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran oleh karena itu disebut juga dengan istilah interaksi belajar mengajar (Sardiman, 2005). Interaksi antara pengajar dan siswa diharapkan merupakan proses motivasi. Maksudnya bagaimana pihak pengajar mampu memberikan dan mengembangkan motivasi serta penguatan kepada pihak siswa sebagai subjek didik agar dapat melakukan kegiatan belajar secara optimal. Pembelajaran merupakan suatu sistem yang membantu individu belajar dan berinteraksi dengan sumber belajar dan lingkungan (Mus, 2013). Jadi dapat disimpulkan bahwa prinsip mengajar adalah mempermudah dan memberikan motivasi kegiatan belajar kepada siswa.

Baru saja ditambahkan
  • Belum Terbit
SUDUT PANDANG FILSAFAT OLAHRAGA “DALAM PERSPEKTIF KEMENANGAN DAN KEKALAHAN”
Firmansyah Dlis, Abdul Sukur, Ikhwan Abduh, Andi Fepriyanto, Solehuddin Al Huda, Sony Hasmarita, Sulaiman, Ainur Rasyid, Rovi Pahliwandari, Pardiman, Cep Junjun Guntara
    Rp. 65.000
  • Belum Terbit
MENJADI CALON PENGANTIN SEHAT
Meda Yuliani, Sri Lestari Kartikawati.
    Rp. 65.000
  • Belum Terbit
PETA JALAN 5 DESTINASI SUPER PRIORITAS 2025-2029
Agnes Wirdayanti, Edi Susilo, Imam Radianto Anwar Setia Putra, Suci Emilia Fitri, Melati Ayuning Pranasari, Saskia Fenna Sari Hutasuhut, Maria Marpaung, Putri Rahmatia
    Rp. 65.000
  • Belum Terbit
SAJIAN HIDANGAN GASTRONOMI UPACARA ADAT DALAM SIKLUS KEHIDUPAN MANUSIA JAWA TIMUR
Nurul Farikhatir Rizkiyah, S.Pd, M.Pd, CHE Dr. Ir. Asrul Bahar, M.Pd Andika Kuncoro Widagdo, S.Pd, M.Pd Rendra Lebdoyono, S.T.P, M.Sc
    Rp. 65.000
  • Belum Terbit
BAHAN AJAR PROYEK ETNOMATEMATIKA: Inovasi Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Siswa MI/SD KELAS IV
Nurul Awaliyah Mukhlis, Siti Lailiyah, Mokhamad Syaifudin, Muhammad Nasrudin,
    Rp. 65.000
  • Belum Terbit
MALAPETAKA GLOBAL
Zin D. Gani
    Rp. 65.000
  • Belum Terbit
PEMROGRAMAN BERBASIS WEB
Yanyan Sofiyan, S.Kom., M.Kom.
    Rp. 65.000
Chat dengan kami di Whatsapp!
Hi, ada yang bisa kami bantu?