STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
Rp. 87.000
Overview :
Buku ini terdiri dari beberapa bab. Bab pertama membahas tentang pengantar konsep dasar strategi pembelajaran, bab dua membahas tentang teori-teori belajar dan pembelajaran, bab tiga membahas tentang model pembelajaran, bab empat membahas tentang pendekatan pembelajaran, dan bab lima membahas tentang strategi pembelajaran. Adapun bab enam membahas tentang metode dan teknik pembelajaran, dan bab tujuh membahas tentang tugas proyek berbasis strategi pembelajaran. Menurut Budiana dkk, (2022): “Strategi mengajar merupakan tindakan guru dalam melaksanakan rencana mengajar; artinya usaha guru menggunakan beberapa variabel pengajaran seperti: tujuan, bahan, metode, alat, dan evaluasi agar dapat memengaruhi siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan”. Dalam konteks ini mengajar merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mereka yang memiliki profesi sebagai pengajar atau guru. Agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan efektif, yakni berhasil guna, mendatangkan hasil yang sangat bermanfaat bagi siswa, salah satunya guru harus memahami strategi pembelajaran Sehubungan dengan usaha peningkatan kualitas hasil pendidikan maka kualitas pembelajaran harus ditingkatkan. Untuk itu harus dicari strategi atau pendekatan pembelajaran yang efektif di kelas yang lebih memberdayakan potensi siswa. Dalam sistem ini pembelajaran menganut konsep kontekstual yakni proses pembelajaran menekankan pada aspek alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Gaya lama yang berorientasi pembelajaran dari guru dan apa yang harus dilakukan, bergeser ke siswa dan apa yang harus mereka lakukan, maka perlu adanya strategi yang tepat agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal (Sutikno, 2021) Dari berbagai bentuk interaksi ada interaksi yang disengaja yang dikenal dengan istilah interaksi edukatif. Interaksi edukatif adalah interaksi yang berlangsung dalam suatu ikatan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran oleh karena itu disebut juga dengan istilah interaksi belajar mengajar (Sardiman, 2005). Interaksi antara pengajar dan siswa diharapkan merupakan proses motivasi. Maksudnya bagaimana pihak pengajar mampu memberikan dan mengembangkan motivasi serta penguatan kepada pihak siswa sebagai subjek didik agar dapat melakukan kegiatan belajar secara optimal. Pembelajaran merupakan suatu sistem yang membantu individu belajar dan berinteraksi dengan sumber belajar dan lingkungan (Mus, 2013). Jadi dapat disimpulkan bahwa prinsip mengajar adalah mempermudah dan memberikan motivasi kegiatan belajar kepada siswa.